Senandung Merdu Wanita di Atas Bus Kota

10 Juli 2008 tepat jam 01:38, pagi-pagi buta sudah dibanguni Arindi yang sms, dengan nada tidak percaya kalau aku sekarang lagi pulang kampung, karena masih ngantuk aku tidur lagi dan tidak membalas sms Arindi. Bangun jam 06:30, kesiangan buat ngejar bus yang berangkat subuh akhirnya mutusin berangkat ke Ajung jam 08:30 buat ngejar bus berikutnya. Teryata efek dari kurang tidur buat nguap-nguap selama perjalanan menuju Ajung, ah pagi indah untuk melakukan perjalanan. Sepanjang jalan senang bisa ngeliat pemandangan dengan latar belakang hutan dan persawahan yang membentang hijau sepanjang mata memandang.

Akhirnya tiba di Ajung teryata bus yang menuju Denpasar belum datang, harus nunggu beberapa menit sebelum terdengar suara “Bali, Bali” suara kernet bus AKAS yang menuju Denpasar. Menaiki bus dengan menenteng kardus yang isinya cabe dan kawan-kawannya yang jadi oleh-oleh wajib dari keluarga di kampung, baru 5 km naik bus para pengamen sudah pada beraksi untuk mencari “sesuap nasi”.

Mungkin ini merupakan salah satu bentuk penindasan psikologis namanya, saat pengamen selesai beryanyi dan berkata “bagi penumpang yang telah berbaik hati, semoga selamat sampai tujuan” serasa ditusuk dengan perkataan itu. Jadinya pasrah untuk memberi, (tapi kalau selalu ngasih bakal tekor di jalan, karena pernah waktu pulang lebaran tahun lalu, didalam bus secara bergantian 20 pengamen hilir mudik, bayangkan kalau kita ngasih Rp 1.000,- buat satu pengamen, 20 pengamen berapa ya!?). Mungkin juga karena ngantuk, aku jadi ketiduran di bus. Sontak terbangun karena mendengar suara pengamen yang gak biasa, teryata sebuah lagu México mengalir dengan merdu dari dua orang pengamen , pengamen remaja wanita. Terheran melihat ada wanita yang menjadi pengamen, membuatku memperhatikan dengan serius. Berakhirlah sebuah lagu mexico yang aku gak tahu judulnya, ini saatnya mereka membawakan lagu kedua, lagu yang sangat indah, dibawakan dengan senadung yang sangat merdu, serta di iringi petikan gitar yang sangat memukau bagiku. “Jauh”, mungkin ini salah satu judul lagu yang benar buat lagu yang lagi booming dan direbutin oleh beberapa band di Indonesia.

Suara merdu sang gitarisnya membuatku teringat pada lagu yang sama, yang dibawakan secara akustik yang sering diputer di radio-radio. Oh teryata Tuhan memberi bakat special buatu semua orang, sang gitaris inipun memiliki bakat menyanyi yang luar biasa, bahkan saat dia menyenandungkan lagu “Jauh” serasa sangat membiusku, membuatku berfikir bahwa sesunggunya perasaan bukan untuk di acuhkan dan bertepuk sebelah tangan. Seandainya dia nejadi penyanyi di ibu kota, pasti dia akan dikenang karena bakat yang dimilikinya. Tiba-tiba terbangun dari lamunan oleh suara “mas, mas!!” kata salah seorang dari mereka., akupun langsung bertanya kepadanya “suaranya bagus!, nama kalian siapa?” dengan tanpa expresi dia menjawab “Lala, dia Nia”.

Teryata yang memiliki senandung merdu itu bernama Nia, dan Nia menjadi inspirasiku sepanjang hari ini. Ok, perjalanan ini belum berakhir tapi cerita ini harus diakhiri.

Buat yang udah baca, tunggu seri berikutnya.

This entry was published on July 16, 2008 at 8:57 am. It’s filed under Keluh Kesah and tagged , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

4 thoughts on “Senandung Merdu Wanita di Atas Bus Kota

  1. Lagu “jauh?”…jangan-jangan geby bangkit hidup lagi ton…

  2. klo ga’ mw ktemu ma pengamen naek pesawat nang. Coz ga’ mungkin pengamennya nyetop pesawat di tengah jalan.

  3. agungekanugraha on said:

    dok,
    gabi blom mati. kata roy suryo dia masih idup koq.

  4. lagi lagi lagu geby…………………………………..serem jadinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: