Koleksi Buku Pertanian Sedikit

Denpasar semakin sesak dengan banyaknya jumlah kedaraan yang semakin padat dijalan, volume kedaraan pada saat jam istirahat kantor dan juga jam pulang sekolah menyebabkan seringnya terjadi kemacetan dijalanan kota Denpasar. Perjalan saya hari ini menuju Badan perputakaan dan Arsip Daerah Bali, dimulai pukul 12.00. Perjalanan saya ini membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama, mencapai waktu tempuh 30 menit, padahal perjalan dapat saya tempuh dengan waktu 15 menit bila hari lengang. Kepadatan volume tranportasi di Denpasar dikarenakan kota ini tidak memiliki tranportasi masal yang tepat untuk kawasan dalam kota. Selama ini kedaraan seperti bemo atau angkutan kota umumnya memiliki trayek yang sempit serta mahalnya biayanya dibandingkan dengan pengunanan kendaraan peribadi. Pemerintah kota denpasar sesungguhnya memiliki projek transportasi masal berupa busway yang dijadikan altenatif mengurai kemacetan kota, namun hingga sekarang proyek itu belum terealisasi.

  Keberadaan saya diperpusda Bali untuk mencari buku serta reverensi untuk melengkapi bahan skripsi yang sedang saya kerjakan, mengingat penelitian saya sudah saya kerjakan serta kedudukan saya disemester 8 membuat saya harus pintar membagi waktu untuk dapat menuntaskan tugas akhir saya dibangku perkuliahan. Pencarian saya tentang buku-buku mengenai bakteri rzhobakteria yang membantu tanaman untuk meningkatakan ketahan tanaman, terkendala oleh minimnya koleksi buku tentang bakteri yang baik dalam pertanian ini. Sesunggunya perpustakaan daerah ini memiliki koleksi yang lumayan banyak trutama untuk naskah lokal bali, namun sayang sedikitnya buku pertanian trutama perlindungan tanaman, hal ini sangat ironis bila provinsi Bali menjadikan pariwisata dan pertanian sebagai ujung tombak prekonomian, namun tidak didukung dengan buku pengentahuan yang menunjang tentang kedua hal tersebut. Karena tidak menemukan hal tersebut saya mencari kembali mencari buku yang berkaitan dengan skripsi saya yaitu tentang virus tanaman, akhirnya buku yang saya cari tersedia diperpustakaan ini, judul buku ini adalah “Virologi Tanaman”.

  Perpustakan  Bali ini buka setiap hari terkecuali pada hari libur nasional, jam bukanya dari jam 08.00-15.15 pada hari senin hingga kamis serta sabtu, sedangkan pada hari jumat perpustakan ini buka dari jam 08.00-13.15, serta hari minggu pada pukul 08.00-13.15. Hari sabtu dan minggu menjadi hari yang ramai dikunjungi oleh anak-anak beserta orang tua untuk mengisi liburan akhir pekan. Selain buku perpustakaan ini juga menjediakan fasilitas peminjam serta internet gratis bagi anggotanya. peminjaman buku sangat membantu karena keterbatansan waktu yang ada, sedangkan internet ini membantu kita untuk mengakses jurnal yang selama ini tidak adi diperpustaan tersebut. Sehingga bahan yang tidak ada hardcopy nya di perpusda bali kita dapat mendapatkan softcopy nya diperpusda bali. Namun sayang fasilitas internet ini hanya bisa didapat dengan membawa laptop pribadi, karena perpusda bali belum menyediakan PC bagi para pengunjungnya. Sebagai seorang anggota perpustakaan saya berkesempatan menggunakan fasilitas tentunya dengan menggunakan laptop pribadi, fasilitas ini membatu saya mencari jurnal tentang bakteri  rhizobakteri serta Soybean stunt Virus yang menjadi pembahasan dalam penulisan skripsi saya. Dalam pencarian di internet kita perlu menekankan pada pengunaan kata kunci yang tepat sehingga kemungkinan kita menemukan artikel yang kita butuhkan akan semakin besar. Pada saat saya berada diperpustakaan ini jumlah pengunjung tidak terlalu ramai, diruang baca umum hanya terdapat 5 orang pengunjung pada jam 1 siang. Para pengunjung berdasarkan kota kunjungan merupakan mahasiswa, umunya mereka sedang mencari bahan untuk tugas perkuliahan.

  Setelah menemukan beberapa artikel yang saya butuhkan pukul 15.00 saya pulang meninggalkan perpusda Bali, kemaceran jalan yang tadinya saya temui sudah mulai trurai sehingga perjalan saya menjadi lebih lancar.

This entry was published on April 26, 2011 at 4:00 pm and is filed under Keluh Kesah. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

One thought on “Koleksi Buku Pertanian Sedikit

  1. Silvi Anggraini on said:

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

Leave a Reply

